Kegagalan Itu Cuma Persepsi

“Kegagalan akan menjadi kegagalan ketika diri kita gagal memberi makna atas sebuah kegagalan tersebut, sehingga kita gagal bangkit dari sebuah kegagalan”

Potongan kalimat diatas itu menggambarkan bagaimana diri kita menjadikan sebuah kegagalan menjadi gagal seutuhnya ketika kita hanya berhenti memberi makna peristiwa tersebut menjadi sesuatu yang dianggap gagal/tak berhasil.

Lalu, gagal itu apa?

Dari kamus besar bahasa Indonesia, gagal memiliki arti belum tercapai, belum berhasil, belum terwujud. Perhatikan baik-baik, kata ‘belum’ memiliki arti masih dalam keadaan yang tidak. Artinya, keadaan ini masih dapat kita perjuangkan atau usahakan lagi hingga mencapai atau mendapat apa yang kita inginkan.

Lantas persepsi itu apa?

Dari kamus besar bahasa Indonesia, persepsi memiliki arti tanggapan (penerimaan) terhadap sesuatu. Dari arti tersebut kita bisa berlogika, persepsi merupakan respon diri pada sesuatu, artinya makna dari sesuatu itu kita yang berikan.

Dari kedua arti diatas, dapat kita telaah bahwa kegagalan akan menjadi sesuatu yang utuh gagal apabila pemaknaan kita terhadap sesuatu tersebut berhenti hanya pada kejadian tersebut, bisa dikatakan tidak melanjutkan lagi perjalanan menuju sesuatu yang kita inginkan.

Pusing? Hihihi..

Gampangnya gini, kegagalan adalah respon dari proses yang kita lakukan untuk menuju sesuatu yang kita inginkan. Semestinya respon itu menjadi bahan evaluasi bagi kita untuk menentukan langkah berikutnya hingga mencapai tujuan yang kita inginkan. Dalam sebuah proses, tentu respon bisa muncul sekali, dua kali atau seterusnya. Disinilah pintar-pintarnya kita memberi makna dari respon tersebut dan mau membuka hati untuk mengoreksi apa-apa saja yang kurang pas dari yang telah kita lakukan.

So, untuk mencapai segala tujuan yang kita inginkan, gunakan logika. Manfaatkan rasa sebagai bumbu penyemangat. Semoga bermanfaat…

 

Jabat erat, salam hangat…

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *